RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama Madrasah : Madrasah Ibtidaiyah (MI)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : IV/I
Materi Pokok : Sifat Operasi Hitungan
Alokasi Waktu
|
: 1 x 15 menit
|
I. Standar Kompetensi
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
II. Kompetensi Dasar
1.1 Melakukan penjumlahan dan pengurangan
1.2 Melakukan perkalian dan pembagian bilangan
1.3 Melakukan operasi hitung campur
III. Indikator :
Siswa dapat:
a. Menyebutkan sifat komutatif, assosiatof dan distributif
b. Menggunakan sifat komutatif, assosiatif dan distributif
c. Membuat soal contoh komutatif, assosiatif dan distributif
IV. Metode Pembelajaran
Ceramah, cerita, demonstrasi dan tanya jawab
V. Langkah-Langkah Pembelajaran
a. Kegiatan awal
- Guru-siswa memberikan salam dan membuka pelajaran dengan basmallah
- Guru menanyakan keadaan siswa dan menarik minat siswa
- Apersepsi (memotivasi siswa dengan sedikit permainan konsentrasi)
- Pre test (menanyakan materi yang berhubungan dengan operasi hitung bilangan)
- Mengemukakan tujuan pembelajaran “ menyebutkan sifat operasi hitungan”
b. Kegiatan inti
Elaborasi
- Siswa membuat soal opersai hitungan, satu siswa tiga soal
- Guru mengambil soal yang selesai dibuat siswa
Kolaborasi
- Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, satu orang pemimpin sidang, satu orang penulis dan yang lainnya membentuk tiga kelompok
- Soal siswa dibacakan sementara yang lain mengerjakan
- Guru mengumpulkan hasil evaluasi yang telah selesai dikerjakan
Konfimasi
- Guru memberi kesempatan siswa untuk bertanya terhadap materi yang belum jelas
- Guru-siswa bersama-sama menyimpulkan materi pelajaran
c. Penutup
- Guru dan siswa mengakhiri pembelajaran dengan membaca hamdallah
- Guru mengucapkan salam kepada siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam
VI. Alat dan Sumber Belajar
a. Alat
spidol, papan tulis, contoh surat pribadi,
b. Sumber dan bahan.
- Mustaqim, Burhan. 2008. Ayo Belajar Matematika Untuk SD dan MI Kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan
- Mulati, Sri. 2006. LKS “ Persada”. Surakarta: Persada Ilmu
- Silberman, Mel (Pengantar Komarudin Hidayat). 2009. Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif). Jakarta: Insan Madani
- Free Download Gratis Buku Sekolah Elektronik Untuk SD Kelas IV. Diambil tanggal 27 Mei 2011. Dari http://www.untukku.com/review-untukku/free-download-gratis-bse-buku-sekolah-elektronik-gratis-untuk-sd-smp-sma-smk-smu-smea-stm-smip-smkk-sd-kelas1-untukku.html
VII. Evaluasi (Terlampir)
Tes Lisan
Yogyakarta, 28 Mei 2011
Mengetahui,
Pembimbing PPL I Praktikan
Luluk Mauluah Yuanita Resti
NIP. NIM. 08480066
LAMPIRAN
MATERI DAN TES LISAN
Mengidentifikasi Sifat Operasi Hitung
1. Sifat Pertukaran (Komutatif)
a + b = b + a
1 + 3 = 4
1 + 3 = 3 + 1
3 + 1 = 4
2. Sifat Pengelompokan (Asosiatif)
a + b + c
a x b x c
a. 4 + 6 + 8
Menjumlahkan dari kiri:
4 + 6 + 8 = (4 + 6) + 8 = 10 + 8 = 18
Menjumlahkan dari kanan:
4 + 6 + 8 = 4 + (6 + 8) = 4 + 14 = 18
Ternyata diperoleh hasil yang sama.
Jadi, (4 + 6) + 8 = 4 + (6 + 8)
b. 2 × 5 × 3
Mengalikan dari kiri:
2 × 5 × 3 = (2 × 5) × 3 = 10 × 3 = 30
Mengalikan dari kanan:
2 × 5 × 3 = 2 × (5 × 3) = 2 × 15 = 30
Ternyata diperoleh hasil yang sama.
Jadi, (2 × 5) × 3 = 2 × (5 × 3)
3. Sifat Penyebaran (Distributif)
a x ( b + c ) = (a x b) + (a x c)
Cara 1:
Banyaknya buah jeruk yang dibeli Ema dan Menik adalah:
4 kilogram + 5 kilogram = 9 kilogram
Setiap kilogram jeruk terdiri atas 8 buah, maka banyaknya
jeruk yang dibeli Ema dan Menik adalah:
(4 + 5) × 8 = 9 × 8 = 72 buah
Cara 2:
Banyaknya jeruk yang dibeli Ema = 4 × 8 = 32 buah
Banyaknya jeruk yang dibeli Menik = 5 × 8 = 40 buah
Banyaknya jeruk yang dibeli Ema dan Menik = 72 buah
Jika ditulis dalam kalimat matematika menjadi:
(4 × 8) + (5 × 8) = 32 + 40 = 72
Tidak ada komentar:
Posting Komentar